SELAMAT DATANG DI BLOG DESA KLAMPIS BARAT

Friday, February 2, 2018

DLH Menyambangi Klampis Barat

DLH Menyambangi Klampis Barat


   DLH atau lebih dikenal dengan Dinas Lingkungan Hidup akhirnya menemui warga di lapangan pada hari Jumat (26/01) tepatnya di depan gardu tong-saritong Klampis Barat, kecamatan Klampis, Bangkalan. Kedatangan DLH ini bukan tanpa alasan. Dinas ini hadir langsung ditengah-tengah masyarakat dalam rangka penyuluhan lingkungan, utamanya terkait permasalahan dan tata kelola sampah. Hingga saat ini, warga memang menjadikan laut sebagai tempat pembuangan sampah akhir. Selain lebih dekat dengan permukiman, membuang sampah ke laut dirasa cukup mudah. Tinggal dibuang dan malam harinya sampah-sampah itu akan hanyut terbawa ombak.
  Mengatasi masalah sampah bukanlah hal yang mudah, terlebih saat kebiasaan tersebut sudah mendarah daging bagi warga. Penyuluhan yang dihadiri sekitar 58 warga ini dimulai tepat pukul 14.00 WIB. Warga terlihat cukup berantusias mendengarkan materi yang disampaikan Bapak Eko selaku staf bidang kebersihan Dinas Lingkungan Hidup. Beberapa warga juga terlihat meninggikan suaranya dengan jargon-jargon bersemangat, pertanda ingin membuat perubahan di Klampis Barat.
    Dinas lingkungan hidup memaparkan bahwa sangat perlu dibuat TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dan TPS (Tempat Pembuangan Sementara) di Klampis Barat. Hal ini merupakan PR bersama warga terutama para aparatur desa. Pemateri juga menjelaskan teknik pengolahan sampah dengan 3R (Reduce, Reuse,Recycle) serta solusi penanganan sampah dengan cara bank sampah dan komposter.       

   Materi disampaikan dalam dua bahasa, Madura dan Indonesia karena mayoritas adalah warga lansia. Pemahaman tentang sampah ini dirasa perlu diberikan kepada warga. Melihat kondisi laut di Klampis Barat yang didiami banyak sampah, baik organik, non orgnik, ataupun anorganik. Jika air surut maka, terlihatlah laut dengan beraneka jenis sampah. Dengan adanya sambangan dari DLH ini, diharapkan wargu mampu merenungi, berfikir, dan bertindak mengatasi permasalahan sampah yang serius. Bagaimana, apakah sudah siap tanggulangi masalah sampah sejak dalam diri sendiri? (Khr/28/01) 
Share this article

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Klampis Barat - Bangkalan • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top