SELAMAT DATANG DI BLOG DESA KLAMPIS BARAT

Friday, February 2, 2018

Bergerak, Indahkan Pesisir


Bergerak, Indahkan Pesisir

            Pesisir termasuk salah satu wilayah paling potensial sebagai penyedia kekayaan bahari. Tidak hanya sekedar menyuguhkan keindahan alam, namun segala sumber daya alam yang ada di daerah pesisir juga dapat dieksploitasi secara berkelanjutan.Bagi daerah pesisir dengan lingkungan yang padat pemukiman, besar kemungkinan adanya kerusakan alam. Salah satu penyebabnya yaitu kebiasaan membuang sampah secara langsung ke laut. Dari yang terlihat, sebenarnya aktifitas tersebut memang sangat sepele. Namun jika kebiasaan itu terus dilakukan dalam jangka panjang, maka berbagai dampak yang ditimbulkan bisa menjadi sangat serius. Selain memperkeruh air laut, organisme di dalamnya juga akan kehilangan habitatnya sehingga menimbulkan penurunan hasil tangkapan laut.
Bersih-bersih pesisi pantai bersama warga

            Seperti halnya desa Klampis Barat. Desa dengan tingkat perekonomian menengah keatas tersebut juga menjadi daerah dengan tingkat penghasil sampah yang sangat tinggi. Penduduk terus menerus membuang sampah ke bantaran sungan dan laut karena mereka beranggapan bahwa semua sampah itu akan terbawa arus ombak. Namun, timbunan sampah yang sangat banyak kemudian terkubur di permukaan pasir. Sehingga pada saat air laut surut, sampah-sampah itu akan terlihat dan sangat mengganggu pemandangan.
            Tepat pada hari minggu (28/01), tim KKN 18 memutuskan untuk melakukan aksi pembersihan sampah pesisir. Kegiatan tersebut kemudian diberi nama “REDAM Pesisir”, yang merupakan kependekan dari Reduksi Sampah Pesisir. Aksi ini bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup yang menyediakan armada truk pengangkut sampah.Kegiatan besar tersebut juga berhasil melibatkan puluhan siswa SD dan beberapa warga setempat. Mereka cukup antusias mengambil semua sampah di pesisir pantai, termasuk semua sampah yang terkubur di pasir.
            Menjelang siang, hampir seluruh permukaan pesisir telah bersih dari sampah. Sebagai hasilnya, aksi tersebut memberikan sedikit ruang pada permukaan pantai. Siswa SD memanfaatkan waktu mereka dengan bermain pasir dan air di tepi laut. mereka tidak lagi terhalang oleh sampah yang berserakan.Dengan adanya kegiatan ini, tim KKN tidak hanya terfokus pada kebersihan pesisir, namun juga upaya memupuk rasa gotong royong antar warga yang mayoritas merupakan orang-orang induvidualis.
Truk sampah DLH

REDAM ini diharapkan bukan hanya menjadi kegiatan pertama dan terakhir. Selanjutnya diharapkan terdapat kegiatan serupa yang secara langsung melibatkan warga mengambil andil secara langsung. Sehingga wilayah jangkauan yang dibersihkan bukan hanya laut namun juga sungai-sungai serta gorong-gorong warga. Wilayah pesisir identik dengan sampah dan bau amis. Jadi bukankah lebih elok jika pesisir dapat bersih dan indah tanpa sampah dengan kegiatan REDAM disetiap minggunya. (Septy/28/01)

Share this article

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Klampis Barat - Bangkalan • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top