SELAMAT DATANG DI BLOG DESA KLAMPIS BARAT

Friday, January 26, 2018

Sarkoyo Legendaris Ala Klampis Barat

Sarkoyo Legendaris Ala Klampis Barat


Berkunjung ke suatu daerah tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas yang ada disana. Misalnya saja, di Klampis Barat. Suatu desa yang berada di kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan. Desa yang termasuk daftar pesisir ini terletak di dekat kantor kecamatan Klampis. Ada jajanan yang patut menjadi rekomendasi perjalanan. Namanya ‘Sarkoyo’,sepintas nama tersebut lebih mirip buah ‘Srikaya’. Akan tetapi anggapan tersebut harus dibuang karena nyatanya jajanan ini tidak ada hubungan sama sekali dengan buah srikaya.
Jajanan Sarkoyo ini dapat dibeli secara langsung di rumah ibu Hj. Noer. Selain dapat mencicipi legitnya pisang yang ada didalam Sarkoyo, pembeli dapat melihat langsung proses pembuatannya. Pembeli dapat dibekali ilmu cara membuat Sarkoyo Klampis Barat. Makanan berbahan dasar roti dan pisang ini cukup ramah di kantong. Hanya dengan 3.500 saja pengunjung dapat menikmati seporsi Sarkoyo.
Sarkoyo, jajanan dengan perpaduan rasa manis dan sedap ini ternyata sangat mudah dibuat. Cara pembuatannya pertama, hanya perlu menyiapkan roti yang diris-iris kemudian dimasukkan kedalam gelas kecil. Selanjutnya, siapkan santan yang telah direbus sebelumnya dan campur dengan telur serta fanili. Ketiga, masukkan campuran santan tadi kedalam gelas yang berisi roti. Keempat, potong pisang raja kecil-kecil dan letakkan di bagian atas roti. Terakhir, kukus jajanan tersebut dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jajananpun siap dinikmati baik dalam kondisi masih panas atau dimasukkan kedalam fresher,caramenikmati sesuai selera. Pisang yang digunakan untuk membuat Sarkoyo ini jenis pisang Raja, pisang jenis lain kurang cocok jika digunakan.
Di Klampis Barat sendiri jika hari-hari biasa hanya ibu Hj. Noer yang menjual Sarkoyo. Ibu ini juga menitipkan jajanan kepada anaknya untuk dijual di pinggir jalan Klampis Barat. Namun, jika bulan puasa tiba biasanya muncul penjual dadakan yang memanfaatkan momen ini untuk mengais rizki dari seporsi Sarkoyo. Pada hari raya, ibu Hj. Noer mampu menjual hingga seratus porsi Sarkoyo. Kuliner legit dan sedap ini memang patut menjadi rekomendasi jika anda jalan-jalan ke Klampis Barat. Apalagi menikmati seporsi Sarkoyo sambil menikmati deburan ombak laut disiang yang terik rasanya cukup nikmat. Apakah anda tertarik mencicipi seporsi Sarkoyo? Datang saja ke desa Klampis Barat tentu anda tidak akan kecewa berat. (Khr)
Share this article

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Klampis Barat - Bangkalan • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top