SELAMAT DATANG DI BLOG DESA KLAMPIS BARAT

Saturday, August 6, 2016

Ketika Sumber Air Tak Lagi Dekat

Warga Desa Mengambil Air dari Sumber
Sedikit cerita mengenai krisis air ini diangkat dari fakta nyata kehidupan masyarakat pesisir yang terletak di Desa Klampis Barat, Kecamatan Klampis, Bangkalan. Daerah kering ini sulit untuk mendapatkan air bersih dan tawar, padahal jumlah penduduk cukup banyak dan bekerja sebagai nelayan. Penghasilan yang tak menentu untuk kebutuhan sehari-hari para nelayan, mereka juga terbebani untuk pengeluaran membeli air isi ulang untuk diminum. Sedangkan untuk memasak, penduduk desa mengandalkan air dari sumur yang terletak disamping balai kecamatan.

“Jangankan air untuk minum, air tawar untuk mandi dan mencuci saja kami kesulitan,” kata ibu syarmi, warga desa Klampis Barat. Tak banyak mengeluh dan hanya mampu bersyukur masih ada sumber air bersih yang bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari. Ibu-ibu penduduk desa ini memang terkenal pekerja keras. Mereka berjuang sendiri utuk mendapatkan air bersih demi keluarga sedangkan suami mereka pergi mencari nafkah sebagai nelayan.
Beruntunglahlah kita yang tinggal dizona “nyaman” dimana kebutuhan apapun mudah diperoleh. Namun hal yang terpenting adalah bagaimana cara kita untuk menghargai perjuangan mereka yang hidup didaerah yang mengalami kesulitan seperti halnya krisis air. Hematlah air bersih mulai dari sekarang. (mila)
Share this article

1 komentar:

  1. terus berkembang gan dengan artikel nya dan tetap maju kedepannya gan ]
    togel sgp

    ReplyDelete

 
Copyright © 2014 Klampis Barat - Bangkalan • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top