SELAMAT DATANG DI BLOG DESA KLAMPIS BARAT

Saturday, August 6, 2016

Ada Makam Ditengah Laut

Makam ditengah laut ini menjadi pendongkrak sejarah Dusun Makam, Desa Klampis Barat, Kecamatan Klampis. Makam ini adalah makam Syekh Hasan Husein yang diyakini warga merupakan orang sakti dari Timur tengah yang wafat didesa ini. Sebelumnya makam tidak terletak ditengah laut, melainkan di utara kecamatan yaitu jalan parambhuyan dihalaman salah satu rumah warga. Maka dari itu terkadang warga desa menyebut makam Syekh Hasan Husein sebagai Makam Bhujuk parambhuyan. Lalu suatu hari warga desa mengadakan musyawarah untuk memindahkan makam habib tersebut ke tengah laut.
Bangungan Makam Syeich Husein

Makam yang terletak didusun degan potensi ikan asap ini diketahui keberadaannya sebelum Indonesia merdeka. Sekitar tahun 2000-an para warga desa bergotong-royong memindahkan makam ketengah laut dan dibentuk bangunan seperti sebuah rumah. Tradisi seperti Rokat Tase’ yaitu perayaan tahunan yang masih ada sebagai rasa syukur para warga akan penghasilan laut dan tradisi sesajen yang ditaruh dimakam Syekh Hasan Husein. 
Semakin banyaknya habib-habib dari luar yang berdatangan untuk berziarah, para warga berencana akan membangun jembatan menuju makam agar memudahkan peziarah ketika air laut pasang. Dari sedikit cerita ini mengajarkan kita bagaimana menghargai sejarah dan mejaga budaya yang sudah ada. (mila)
Makam Syeich Husein

Share this article

1 komentar:

  1. selalu memberikan hal yang positif dan terbaik gan dan memberikan informasi yang berguna dan bermanfaat gan
    togel sgp

    ReplyDelete

 
Copyright © 2014 Klampis Barat - Bangkalan • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top