SELAMAT DATANG DI BLOG DESA KLAMPIS BARAT

Wednesday, July 27, 2016

Tak Gentar Melaut

Matahari masih belum enggan pergi ke peraduan, namun nelayan di Desa Klampis Barat sudah bersiap mengarungi lautan. Pukul 3 sore saat air laut mulai surut, para nelayan menyiapkan segala keperluan untuk pergi melaut. Mereka sedikit abai dengan kondisi cuaca yang sedang berlangsung, entah itu badai atau cuaca cerah mereka tak gentar untuk melaut.

Bukan tanpa alasan, mereka tetap melaut walau apapun kondisi cuacanya karena mereka adalah tulang punggung keluarga. Sebagai tulang punggung keluarga, segala kebutuhan dapur, sekolah anak,dan biaya kesehatan adalah tanggung jawab mereka. Sehingga lelah dan rasa malas untuk melaut mereka singkirkan jauh-jauh.

Lama dan seringnya para nelayan di laut memuat laut menjadi sahabat mereka. Mereka mengenal betul kondisi laut dan tanda-tanda yang laut ciptakan. Contohnya, mereka sudah mengenal kapan gelombang laut tinggi, dan gelombang laut tenang. Pada bulan Januari, Februari, dan Maret adalah bulan dimana angin barat berhembus, sehingga gelombang air laut tinggi. Jika demikian maka perahu milik nelayan dipindahkan ke dermaga karena takut hancur diterjang gelombang tinggi.

Lalu kapan gelombang laut benar-benar tenang? Pertanyaan itu adalah jawaban yang mudah bagi nelayan. Gelombang laut tenang benar-benar tenang adalah ketika bulan 10. Suasana laut pada bulan tersebut terasa tenang dan aman tanpa angin yang berhembus berlebih. Walaupun demikian para nelayan tetap memenuhi prosedur keselamatan yakni dengan selalu membawa pelampung yang merka dapat dari bantuan pemerintah. (ang/asrl)



Share this article

0 komentar:

Post a Comment

 
Copyright © 2014 Klampis Barat - Bangkalan • All Rights Reserved.
Template Design by BTDesigner • Powered by Blogger
back to top